BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Jumat, 09 Juli 2010

Panty Liner Sebabkan Keputihan?

Apakah panty liner bisa menyebabkan rasa gatal di area intim?

Tanya:
Sudah beberapa minggu ini, saya (28) mengalami keputihan yang berlebihan. Akibatnya, di bagian bibir vagina terasa gatal sekali. Karena saya garuk, akhirnya timbul luka, dan terasa sakit setiap berkemih. Selama ini, hampir setiap hari, saya memakai panty liner. Apakah panty liner bisa menyebabkan rasa gatal tersebut? Seberapa lama sebaiknya panty liner dipakai? Apakah setiap jam harus diganti yang baru?

hxxx@yahoo.com

Jawab:
Keputihan yang disertai rasa gatal berlebihan, umumnya disebabkan oleh infeksi jamur kandida. Infeksi jamur ini sering kali muncul karena ketidakseimbangan flora pada vagina. Normalnya, vagina terdiri atas sedikit jamur dan bakteri perusak. Namun, jika keduanya itu tidak seimbang, akan menyebabkan jamur terlalu banyak tumbuh, sehingga menimbulkan rasa gatal.

Sebenarnya, secara langsung panty liner atau yang bisa disebut pembalut mini ini, tidak menyebabkan rasa gatal. Namun, pemakaian panty liner yang terus menerus dalam jangka waktu lama, memang bisa menimbulkan lecet pada daerah sekitar organ intim, yang dapat menurunkan daya tahan kulit di daerah tersebut terhadap infeksi jamur.

Maka itu, untuk menghindari peningkatan kelembaban pada vagina, sebaiknya panty liner diganti minimal setiap 3 atau 4 jam sekali. Namun, jika tetap menimbulkan rasa gatal, bisa jadi Anda memang alergi terhadap bahan dasar pembalut tersebut. Untuk mengujinya, Anda bisa mencoba memakai panty liner merk lain.

Jika, masih juga menimbulkan rasa gatal, bisa jadi Anda memang tidak cocok memakai panty liner. Sebetulnya, jika bisa menjaga kebersihan organ intim, Anda tidak perlu menggunakan pembalut tersebut.

Konsultan: dr. Aryo Wicaksana, SpOG

0 komentar: